Dijamin Berhasil! Ini Dia Cara Mengaktifkan Kartu SIM yang Diblokir

Cara Mengaktifkan Kartu SIM yang Diblokir – Kartu SIM yang terblokir sebenarnya ada dua alasan yang terjadi. Alasan yang pertama yaitu Anda tidak registrasi kartu SIM baru padahal sudah ada ketentuan registrasi yang diwajibkan. Sementara alasan yang kedua adalah lupa PIN. Lantas bisakah mengaktifkan kartu SIM yang diblokir tersebut?

Tentu saja bisa! Hanya saja yang paling penting adalah Anda harus mengaktifkan kartu SIM yang diblokir dengan tata cara sesuai dengan penyebabnya. Nah, informasi selengkapnya tentang bagaimana cara mengaktifkan kartu SIM yang diblokir sesuai penyebab terjadinya bisa Anda simak dalam uraian berikut ini!

Baca juga: Cara Cek Paket Simpati Loop Sendiri Yang Sedang Digunakan

Cara Mengaktifkan Kartu SIM yang Diblokir 100% Berhasil

Cara Mengaktifkan Kartu SIM yang Diblokir

Oke, untuk informasi yang pertama kita akan bagikan info cara mengaktifkan kartu SIM yang diblokir karena tidak registrasi. Anda harus tahu bahwa sejak pemerintahan memberlakukan peraturan tentang kewajiban melakukan registrasi untuk kartu SIM, maka kemudian ada banyak pengguna yang lupa dan mengalami pemblokiran total nomor yang tidak teregistrasi pada bulan April 2018 silam.

Nah, jika Anda salah satu orang yang mengalaminya, cara mengaktifkan kartu SIM yang terblokir karena tidak registrasi adalah sebagai berikut :

Kunjungi pusat layanan operator seluler

Anda bisa berkunjung ke pusat layanan operator telepon yang Anda gunakan untuk mengaktifkan kembali SIM card Anda. Masing – masing operator sendiri punya pusat layanan operator yang berbeda dan Anda harus tahu agar tidak sampai salah tempat dan layanan.

Untuk pengguna Telkomsel, Anda harus berkunjung ke Grapari. Sementara untuk para pengguna XL, Anda harus berkunjung ke XL Center. Sementara bagi Anda para pengguna operator seluler Indosat, Anda bisa berkunjung ke Galeri Indosat yang paling dekat.

Nah, disana Anda akan mendapatkan bantuan dan akan diarahkan untuk mengaktifkan kembali kartu yang sudah terblokir. Jika memang benar tak lagi bisa diaktifkan, maka secara otomatis Anda harus membeli nomor baru.

Hubungi call center layanan operator seluler Anda

Untuk melakukan aktivasi atas kartu SIM, Anda juga bisa menghubungi call center layanan operator seluler. Cara ini tentu efektif karena keluhan Anda akan langsung ditindak lanjuti oleh layanan operator yang Anda hubungi tersebut.

Itulah dua cara yang bisa dilakukan untuk mengaktifkan kartu SIM yang diblokir karena masalah registrasi yang terhambat. Nah, bagi Anda para pengguna kartu baru yang akan melakukan registrasi agar kartu Anda tidak sampai mengalami pemblokiran, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Langkah registrasinya adalah bisa dengan melakukan registrasi melalui layanan SMS.

Layanan SMS registrasi untuk masing-masing operator kami ulas dalam informasi berikut ini :

  • Registrasi nomor untuk operator Smartfren, Tri dan Indosat : Ketik NIK#NomorKK kirim ke 4444. Contohnya 8238429482482042#48357348573 kemudian selanjutnya kirim ke nomor 4444.
  • Registrasi nomor untuk operator XL Axiata, XL dan Axis sebagai berikut : Ketik Daftar#NIK#Nomor KK kemudian kirim ke nomor 4444. Contohnya : DAFTAR#8238429482482042#48357348573 kirim ke 4444.
  • Registrasi nomor untuk operator Telkomsel dengan Anda ketik REG#NIK#Nomor KK kemudian kirim ke nomor 4444. Sebagai contoh : REG#8238429482482042#48357348573 kirim ke nomor 4444.

Baca juga: Cara Registrasi/ Daftar Ulang Semua Operator Terbaru

Cara Mengaktifkan Kartu SIM yang Diblokir salah memasukkan PIN SIM Card

Sementara jika masalahnya adalah terblokir karena salah memasukkan PIN SIM Card, maka cara di atas tidak bisa Anda lakukan. Jika masalah kartu SIM Anda diblokir karena salah memasukkan PIN SIM Card sampai tiga kali, maka Anda tak bisa menggunakan kartu SIM tersebut baik untuk SMS, telepon atau memanfaatkan data internet.

Untuk pengguna smartphone terbaru sangat jarang terjadi kartu sim terblokir karena salah memasukan PIN sim card, hal ini karena setingan awal pada smartphone terbaru otomatis lebih menekankan keamanan smartphone dengan pola kunci, kode PIN, sidik jari, scan wajah bahkan ada fitur find device yang bisa melacak keberadaan smartphone. Sehingga tidak membutuhkan lagi untuk mengaktifan fitur PIN sim card.

Nah, untuk dapat mengaktifkan kembali kartu sim yang terblokir tersebut Anda butuh kode PUK (Personal Unblocking Key). Cara mendapatkan kode PUK ada beberapa tahapan atau beberapa langkah.

1. Kartu plastik tempat sim card

Cara mendapatkan kode PUK yang pertama, Kode PUK bisa ditemukan berada di bagian belakang kartu plastik tempat sim card pada saat baru membeli sim card tersebut. Jadi pada saat membeli sim card, pastikan untuk menyimpan bungkus dan kartu plastik tempat simcard tersebut dan foto pada bagian yang tertulis nomor PUK-nya.

Letak kode PUK pada sim card

2. Aplikasi provider

Cara mengetahui nomor PUK yang kedua adalah menggunakan aplikasi provider. Cara ini sangat mudah, dan sebagai contoh dengan menggunakan aplikasi My Telkomsel dan myXL di bawah ini.

Cara mengetahui kode PUK pada aplikasi MyTelkomsel

Cara mengetahui kode PUK pada aplikasi MyTelkomsel

  • Login pada aplikasi MyTelkomsel.
  • Pilih menu Akun yang ada di pojok kanan bagian bawah.
  • Pada bagian atas menu Akun, ada gambar simcard tertulis nomor sim card dan PUK >
  • Silahkan tekan tulisan PUK >, selanjutnya akan muncul kode PUK 1 dan PUK 2.
  • Selesai.

Cara mengetahui kode PUK pada aplikasi MyXL

Caranya hampir sama dengan aplikasi My Telkomsel, namun pada myXL dibutuhkan informasi ICCID yang berada di belakang sim card sehingga mau tidak mau kita harus membuka slot simcard pada smartphone untuk bisa melihat kode ICCID pada sim card tersebut.

Cara mengetahui kode PUK pada aplikasi MyXL

  • Login pada aplikasi MyXL.
  • Pilih menu Lainnya yang berada di pojok kanan bagian bawah.
  • Pada bagian atas menu Lainnya, ada pilihan “Lihat PUK“.
  • Silahkan tekan tulisan Lihat PUK, selanjutnya akan diminta untuk memasukkan nomor XL yang digunakan dan nomor ICCID.
  • Setelah di isi semua, silahkan tekan tombol LIHAT PUK yang ada di bagian bawah.
  • Selesai.

3. Pusat layanan operator seluler

Langkah ketiga adalah datang ke layanan operator telepon Anda. Anda bisa datang ke pusat layanan operator telepon seperti ke Grapari untuk Telkomsel, XL Center untuk operator XL, dan Galeri Indosat untuk operator Indosat. Disana Anda akan dilayani oleh petugas yang memang sudah siap memberikan bantuan secara jauh lebih professional untuk Anda.

Anda hanya perlu mengingat nomor HP Anda yang sudah terblokir dan kemudian memberitahu sebanyak 16 angka nomor yang terdapat di bagian belakang dari SIM Card Anda yang sudah terblokir tadi.

Oh ya, ketika Anda datang ke pusat layanan operator telepon, baiknya untuk berjaga-jaga Anda harus membawa KTP. Jangan sampai lupa dengan KTP barangkali diperlukan sehingga Anda tak perlu kembali pulang. Kemudian yang kedua adalah melalui telepon. Anda bisa mendapatkan kode PUK dengan menghubungi operator telepon yang Anda sudah gunakan.

4. Cara mendapat kode PUK melalui Asisten Virtual

Tips ini khusus untuk pengguna kartu Telkomsel. Untuk bisa mendapatkan informasi kode PUK, pelanggan kartu Telkomsel bisa menanyakan ke Asisten Virtual dengan menghubungi akun resmi Telkomsel di:

  • LINE
  • FB Messenger
  • Telegram

Untuk informasi lebih lengkap mengenai cara mengetahui kode PIN dan mendapat kode PUK sim card Telkomsel melalui Asisten Virtual Telkomsel, akan dibuat artikel terpisah. Karena langkah-langkahnya cukup panjang sehingga tidak memungkinkan untuk ditulis dalam artikel ini.

Baca juga:

Mudah bukan cara mengaktifkan kartu SIM yang diblokir tadi? Itulah cara mengaktifkan kartu SIM yang diblokir dan direkomendasikan untuk Anda coba jika memang mengalami masalah kartu yang diblokir dan ingin mengaktivasinya kembali. Semoga informasi yang kami berikan di atas bermanfaat dan selamat mencoba.

Loading...
Review Pengunjung
5

Ada yang ingin ditanyakan?