Solusi Jitu Cara Mengatasi HP Android Mati Total Setelah Jatuh

Cara Mengatasi HP Android Mati Total – HP Android itu memang cukup rentan mengalami malfungsi. Oleh sebab itu, anda harus benar-benar berhati-hati ketika menggunakan HP Android.

Sebisa mungkin jangan pernah menjatuhkan HP Android yang anda miliki. Kenapa? Karena hal tersebut bisa menyebabkan masalah serius seperti HP Android mati total.

Ya, ada banyak sekali pengguna HP Android yang sudah mengalami masalah tersebut. Setelah tidak sengaja menjatuhkan HP Androidnya, saat itu juga HP Androidnya tidak bisa dihidupkan lagi.

Apakah anda juga sedang mengalami masalah HP Android mati total karena tidak sengaja anda jatuhkan? Jika anda sedang mengalami masalah tersebut, pertama-tama jangan panik terlebih dahulu.

Baca juga:

Masalah HP Android mati total sebenarnya masih bisa anda atasi. Ada banyak cara mengatasi HP Android mati total karena tidak sengaja terjatuh. Jika anda mau tau bagaimana solusi untuk cara memperbaiki HP android mati total karena terjatuh, anda bisa pelajari lebih lanjut di dalam artikel ini.

4 Hal yang Wajib Anda Cek Jika HP Android Mati Total Setelah Jatuh

Solusi Jitu Mengatasi HP Android Mati Total Setelah Jatuh

Jika HP Android sampai tidak sengaja terjatuh, memang biasanya ada banyak masalah yang membuat HP Android tersebut tidak bisa berfungsi seperti semula lagi. Namun masalah yang paling sering terjadi adalah HP Android mati total.

Apakah sobat pernah mengalami HP terjatuh kemudian mati dan tidak bisa dihidupkan lagi? Bila anda baru saja secara tidak sengaja menjatuhkan HP Android yang anda miliki dan tidak bisa menghidupkannya lagi, coba cek terlebih dahulu beberapa hal berikut ini:

1. Baterai HP Android

Jika HP Android anda mati total setelah terjatuh, hal pertama yang jelas wajib anda cek penyebab hp android mati sendiri adalah baterainya.

Dari sekian banyak kasus penyebab HP Android mati sendiri setelah terjatuh itu disebabkan karena baterai mengalami masalah sehingga tidak bisa memberikan daya yang dibutuhkan oleh komponen HP.

Pastikan apakah baterai HP sudah terhubung dengan socket baterai di dalam komponen HP. Bagi anda yang memiliki HP Android tipe unibody (baterai tidak bisa dilepas), ada baiknya anda bongkar terlebih dahulu HP Android anda.

Cek apakah socket baterai HP terhubung dengan PCB. Pada umumnya, benturan yang cukup keras bisa melepaskan socket baterai dari PCB.

Jika memang ternyata socket baterai HP yang anda miliki terlepas, maka anda hanya perlu memasangnya kembali. Setelah dipasang kembali, seharusnya masalah HP Android mati total sudah bisa anda atasi.

Baca juga:

2. Bisa tidaknya HP Android dicas

Selain memperhatikan mengenai socket baterai HP Android, ada baiknya anda juga cek apakah baterai HP Android anda masih bisa dicas.

Perhatikan apakah HP Android anda merespon ketika dicas menggunakan charger. Jika masih merespon, berarti masalahnya bukan pada baterai.

Namun jika saat dicas HP Android sama sekali tidak merespon, kemungkinan besar memang masalahnya berada pada baterai.

Coba cek lebih lanjut lagi apakah baterai HP anda mengalami mati suri. Jika memang mengalami mati suri, anda hanya perlu mengejutkan baterai tersebut menggunakan arus 12 Volt selama 1 sampai 2 detik saja.

Setelah dikejutkan dengan arus 12 Volt selama 1 sampai 2 detik, seharusnya masalah HP Android mati sendiri sudah bisa diatasi jika memang penyebabnya adalah karena baterai mengalami mati suri.

3. Layar HP Android

Selain baterai, masalah HP Android mati total setelah tidak sengaja terjatuh itu juga bisa disebabkan karena adanya kerusakan pada layarnya.

Mayoritas pemilik HP Android memang menganggap bahwa HP yang dimilikinya mati total karena layar sama sekali tidak menampilkan apapun ketika HP dihidupkan.

Namun taukah anda, kerusakan pada layar juga bisa menyebabkan HP Android yang anda miliki tampak seperti mengalami masalah HP Android mati total?

Lalu bagaimana caranya memastikan bahwa layar HP Android anda tidak mengalami kerusakan? Caranya adalah dengan memperhatikan kondisi fisik pada layar. Jika ada retakan, kemungkinan besar LCD HP Android anda memang rusak karena benturan saat terjatuh.

Selain memperhatikan kondisi fisiknya, anda juga bisa cek kondisi layar HP Android tersebut di tempat yang terang. Coba hidupkan kembali HP Android anda dan amati apakah layarnya menampilkan sesuatu secara samar-samar.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Touchscreen Error Tidak Bisa Digerakkan Atau Bergerak Sendiri

Jika memang anda bisa melihat layar menampilkan sesuatu namun samar, itu berarti yang bermasalah adalah backlight layar HP Android anda.

Jalur backlight layar HP Android memang sangat rentan terputus ketika HP Android tidak sengaja terjatuh.

Bila memang kondisi layar HP Android yang anda miliki retak, solusinya adalah dengan mengganti layar HP anda dengan yang baru.

Namun jika masalahnya adalah karena backlight layar mati akibat benturan, maka mau tidak mau anda harus membawa HP Android tersebut ke tempat servis.

Biasanya teknisi HP Android bisa membantu melakukan jumper pada jalur backlight layar HP Android yang terputus. Jika sudah di-jumper, HP Android sudah bisa berfungsi seperti semula lagi.

4. Getaran saat HP Android dihidupkan

Hal terakhir yang juga perlu anda cek ketika mengalami masalah HP Android mati total setelah terjatuh adalah ada tidaknya getaran saat HP Android dihidupkan.

Hampir semua merek dan tipe HP Android akan bergetar setiap kali dihidupkan dari kondisi mati. Jika saat dihidupkan anda merasakan getaran namun layar HP tidak menampilkan apapun, dapat dipastikan bahwa tidak ada masalah pada mesin HP Android anda.  Yang bermasalah adalah layar HP Anda.

Namun jika HP Android sama sekali tidak bergetar saat dihidupkan, kemungkinan penyebabnya adalah komponen inti dari mesin HP Android anda mengalami kerusakan.

HP Android itu memang cukup rentan dengan benturan. Ada banyak komponen di dalam HP Android bisa sangat mudah rusak ketika terkena benturan.

Oleh sebab itu, anda yang selama ini menggunakan HP Android lebih disarankan untuk melindungi HP Android anda dengan softcase ataupun hardcase. 2 aksesoris HP Android yang dijual dengan harga sangat terjangkau tersebut bisa mencegah masalah HP Android mati total akibat tidak sengaja terjatuh.

Loading...
Review Pengunjung
5

Ada yang ingin ditanyakan?