Bagaimana Sih Cara Menghemat Baterai Smartphone yang Benar Agar Tahan 2 Hari?

Cara Menghemat Baterai Smartphone – Di zaman yang serba digital seperti sekarang, smartphone kini sudah menjadi bagian dari barang kebutuhan yang tidak boleh tertinggal ketika berpergian. Sebagian besar orang pasti wajib membawanya ke mana-mana. Kalau pun lupa, tentu seperti ada yang kurang dan tidak tahu apa yang harus dilakukan saat tidak membawanya.

Memang sekarang smartphone sudah mempunyai banyak fungsi selain untuk saling bertukar pesan atau sekedar telepon. Buat orang-orang yang suka bermain game atau menonton film pasti menggunakan smartphone karena lebih praktis dan bisa dibawa ke mana-mana. Tidak heran kalau zaman sekarang sudah banyak produsen smartphone yang menyematkan kapasitas dayanya yang besar.

Baca juga: 3 Aplikasi Penghemat Baterai Android Terbaik Beserta Reviewnya

Cara Menghemat Baterai Smartphone yang Benar Agar Tahan 2 Hari

Semakin besar daya yang diberikan, tentu akan semakin lama juga waktu pemakaiannya. Entah itu kamu mau bermain game, menonton video, buka sosial media, atau pun berselancar di dunia maya membutuhkan baterai yang cukup kalau mau berlama-lama.

Tapi, bagaimana dengan kapasitas baterai yang tidak mencukupi atau sedikit saja? Kapasitas yang sedikit membuat baterai juga akan cepat habis. Tapi tenang saja, karena masih ada beberapa cara yang bisa kita lakukan agar smartphone kita bertahan hingga 2 hari. Mau tahu caranya? Lihat di bawah ini.

1. Perhatikan aplikasi yang sedang berjalan

Perhatikan aplikasi yang sedang berjalan

Tanpa kita sadari, kita pasti sering kali mendownload aplikasi, entah itu dalam bentuk game, aplikasi bantuan, dan sebagainya. Padahal, semakin banyaknya aplikasi yang ada di HP membuat baterainya menjadi semakin cepat boros. Tidak heran kalau tiba-tiba kita merasa kekuatan baterai cepat menurun padahal tidak sedang kita gunakan.

Karena itu, ada baiknya kalau kamu mengecek aplikasi-aplikasi yang ada di smartphone kamu. Pada umumnya, aplikasi yang banyak memakan tenaga baterai adalah yang berjalan di background. Meski kamu tutup, aplikasi tersebut akan tetap berjalan.

Cara menghemat baterai smartphone yang pertama adalah langsung saja cek di menu Settings, lalu klik di pilihan Battery dan pilih Battery Usage. Dari situ, kamu bisa melihat aplikasi mana saja yang memakan banyak tenaga baterainya. Kalau terlalu memakan banyak baterai, kamu uninstall saja atau berikan batas penggunaannya.

2. Berhati-hati dalam menginstall aplikasi

Jangan sembarang instal aplikasi

Saat kita sedang mau menginstall aplikasi, terkadang tidak kita sadari apa saja yang dibutuhkan aplikasi tersebut untuk bisa berjalan lancar di smartphone. Ada sebagian aplikasi yang membutuhkan ping lokasi, seperti aplikasi transportasi atau mencari tempat restoran.

Aplikasi yang memakai kebutuhan lokasi itulah yang membuat baterai kita akan menjadi cepat habis. Sistem akan terus bekerja untuk mencari lokasi yang kita inginkan, sehingga daya baterai akan terus menurun. Usahakan saja tidak menginstall aplikasi yang tidak membutuhkan ping lokasi. Kalau tetap mau menginstallnya, kamu bisa mematikan akses lokasinya saat sedang tidak digunakan dan dinyalakan lagi saat kamu benar-benar membutuhkannya.

Baca juga: Cara Menggunakan Facebook di iPhone agar Hemat Baterai

3. Mematikan aplikasi bawaan

Hapus bloatware tidak terpakai

Ketika kita membeli smartphone baru, semua produsen pasti akan menyisipkan aplikasi bawaannya atau dikenal sebagai bloatware ke dalam smartphone tersebut. Tidak bisa kita hindari kalau bloatware memang sudah sengaja disematkan dari awal, sehingga mau tidak mau kita menyimpannya.

Tapi ternyata, bloatware tersebut bisa mengurangi daya baterai dengan cukup cepat karena terus menerus bekerja tanpa kita sadari. Meskipun tidak kita gunakan, daya baterai pasti akan terus menerus turun. Kalau di smartphone kamu terdapat aplikasi bawaan, sebaiknya cepat-cepat kamu matikan agar baterainya tidak berkurang.

Buka menu Settings, lalu pilih Apps dan tentukan aplikasi bawaan yang mau dimatikan. Setelah itu tinggal klik Disable atau matikan. Buat kamu yang smartphone-nya sudah di root atau jail break, ada keuntungan yang bisa kamu dapatkan, yaitu menghapus bloatware-nya dengan gampang. Kalau masih belum tahu, kamu bisa mencari tahunya di artikel lainnya, ya.

4. Gunakan Power Saving Mode

Power Saving Mode

Jika dari aplikasinya sudah tidak ada kesalahan tapi daya baterainya terus menerus turun, ada cara lain yang bisa gunakan tanpa harus menginstall apapun lagi. Pakai saja fitur Power Saving Mode yang bisa menghemat baterai kamu secara otomatis. Hanya saja fitur ini bisa dipakai kalau smartphone kamu sudah OS Android Lollipop ke atas.

Jika fitur ini dinyalakan, maka semua penggunaan yang berjalan di smartphone kamu akan dibatasi. Mulai dari kecerahan layar, koneksi internet, akses lokasi, sampai penggunaan Wifi pun juga akan dibatasi.

Bagaimana cara menyalakannya? Cukup buka menu Settings, klik Battery dan aktifkan Battery Saver-nya. Cara yang lebih mudah kalau kamu sudah mengaktifkan shortcut gesture. Cukup gunakan gesture-nya, beberapa pilihan menu akan terlihat dan pilih yang Power Saving Mode.

6. Matikan fitur Smart Stay

Kebanyakan smartphone sudah memakai fitur smart stay

Untuk tips cara menghemat baterai smartphone kali ini hanya bisa diaplikasikan pada jenis smartphone tertentu saja. karena tidak semua pengguna smartphone Android memiliki fitur Smart Stay. Fitur yang satu ini fungsinya untuk tetap menyalakan layar ketika wajah kita berada di depan layar untuk beberapa waktu. Meski begitu, fitur ini bisa berdampak pada penggunaan baterai smartphone.

Coba saja kalau kamu terus menerus mengaktifkannya, pastinya baterai kamu akan terus berkurang dan cepat habis. Karena fungsinya tidak terlalu penting, sebaiknya kamu matikan saja fitur ini. Kalau memang tidak ada, kamu tidak usah khawatir lagi.

6. Nyalakan fitur Dark Mode atau Grayscale

Buat kamu yang hobi membaca dengan memakai smartphone, tentu sudah mengenal yang namanya fitur Dark Mode atau Grayscale. Kedua fitur tersebut membuat mata lebih nyaman saat sedang menggunakannya, meski pun dalam keadaan lampu mati.

Kedua fitur tersebut nantinya akan membuat tampilan kecerahan layarnya menjadi lebih gelap atau abu-abu, sehingga dimensi kecerahannya tidak terang sama sekali. Kamu yang mengaktifkan fitur ini tentu membuat baterai akan tahan semakin lama karena tidak mengkonsumsi baterai terlalu banyak, bahkan hanya sedikit saja.

7. Jangan memakai Live Wallpaper

Live Wallpaper bisa mengurangi baterai

Sebagian besar menggunakan wallpaper yang menarik agar tidak bosan saat membuka layar smartphone-nya. Tidak jarang juga mereka menggunakan Live Wallpaper karena tampilannya yang bisa bergerak dengan sendirinya atau mengikuti sentuhan jari penggunanya. Dengan begitu, layar pun terlihat lebih hidup dan menarik.

Tapi ternyata, penggunaan Live Wallpaper hanya akan membuat baterai kamu akan cepat menurun. Sistemnya akan terus bekerja tanpa sepengetahuan kamu, sehingga menguras daya baterai. Jadi, hindari saja pemakaian jenis wallpaper ini dan pakai saja yang biasa, seperti foto atau gambar lainnya.

8. Matikan scan wifi saat sedang tidak dipakai

Matikan wifi ketika tidak dipakai

Wifi merupakan penyelamat kuota kita, apalagi ketika kuota internetnya hanya tinggal sedikit saja. Di smartphone manapun, pastinya fitur wifi selalu disematkan agar penggunanya bisa memakai jaringan wifi yang sudah tersedia di tempat-tempat tertentu.

Baca juga:

Ketika kita menyalakan fitur ini, tentu secara otomatis smartphone akan melakukan scan untuk mencari wifi yang bisa tersambung. Kalau tidak menemukannya, pasti akan terus menerus mencarinya sampai ada yang cocok. Di saat scan terus berjalan, baterai akan semakin menurun.

Jadi, cara menghemat baterai smartphone yang terakhir adalah dengan melakukan pengecekan atau scan wifi yang aktif tapi tidak bisa kita gunakan tentu membuat baterai kita ikut menurun. Jadi, matikan saja fitur ini saat kamu sedang tidak menggunakannya.

8 cara menghemat baterai smartphone di atas merupakan cara yang sangat gampang dan tentunya bisa langsung kamu terapkan mulai dari sekarang. Semakin pintar kita menghemat baterainya, tentu akan semakin lama kita menggunakan smartphone-nya. Tentu sangat berguna kalau kita sedang dalam keadaan yang terdesak.

Loading...
Review Pengunjung
5

Ada yang ingin ditanyakan?

error: Hak cipta CekkuotaXL.com, bagi yang rewrite harap sertakan link sumbernya.